Tiket Gratis Keliling Roma dari Sampah Botol Plastik

Tiket Gratis Keliling Roma dari Sampah Botol Plastik

Tiket Gratis Keliling Roma dari Sampah Botol Plastik

Italia menjadi salah satu negara

yang bermasalah dengan sampah. Tak kehabisan akal, Kota Roma berikan tiket kereta gratis yang ditukarkan dengan botol plastik.

Sampah plastik sudah menjadi hal penting yang kini jadi perhatian tiap negara, tak terkecuali Italia. Italia sendiri menempati urutan keempat sebagai negara terkotor di Eropa, seperti yang diintip detikcom dari Media Internasional, The Local, Selasa (30/7/2019).

Untuk menyelesaikan masalah ini

Pemerintah Kota Roma memulai kampanye bernama Ricicli+Viaggi (Daur ulang + Wisata). Program pemerintah adalah memberikan tiket kereta atau bus gratis berkeliling Roma dengan menukarkan botol plastik.

Caranya sangat mudah. Traveler hanya perlu membawa botol plastik ke sebuah mesih yang sudah disediakan. Saat botol masuk ke mesin, traveler akan langsung mendapatkan kredit.

Satu botol plastik dihargai 5 sen. Botol plastik berbagai ukuran bisa ditukarkan di sini, mulai dari 250 ml sampai 2 liter.

Tapi traveler harus lebih dulu memiliki dan mendaftar aplikasi myCicero atau Tabnet. Kredit tiket akan langsung bertambah di akun aplikasi tersebut.

Program ini memang baru tersedia di tiga stasiun kereta, Cipro-A line, Piramide-B line dan San Giovanni-C line. Masih masa percobaan, program ini akan di uji coba selama 12 bulan.

Kalau berhasil, pemerintah akan menyediakan mesin penukaran botol plastik di setiap stasiun. Sehingga traveler akan semakin mudah untuk berkeliling kota gratis.

Baca Artikel Lainnya:

About The Author