SMKN 11 Bandung Gelar Pameran Produk Hasil Pembelajaran Siswa

SMKN 11 Bandung Gelar Pameran Produk Hasil Pembelajaran Siswa

SMKN 11 Bandung Gelar Pameran Produk Hasil Pembelajaran Siswa

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 11 Bandung menggelar Pameran Produk Hasil Pembelajaran Siswa di Gedung SMKN 11, Jln. Budhi Cicendo, Kota Bandung, Jumat (12/4/2019). Beberapa produk yang ditampilkan, di antaranya produk kuliner dan teknologi. Melalui kegiatan tersebut, siswa dilatih mengembangkan karakter kewirausahaan.

“Ini salah satu program meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa. Bukan hanya berdagang, tapi juga menyinergikan dengan kompetensi yang mereka miliki,” tutur Kepala SMKN 11 Bandung, Anne Sukmawati.

Khusus untuk bidang kuliner, Anne meminta siswanya menjajakan makanan bergizi dan baik untuk kesehatan. “Sebelumnya, mereka telah mengikuti pelatihan bagaimana mengolah makanan sehat. Karena, kecenderungan siswa hari ini sakit anemia,” katanya.

Sedangkan di bidang teknologi, ia menjelaskan, produk yang dihasilkan adalah

kolaborasi antara kompetensi siswa dengan penggunaan internet of thing. Beberapa produk yang telah dihasilkan, antara lain smoke and gas detector, iGuest, dan smart swicth / home automation. “Ini adalah upaya kita menyiapkan siswa untuk menghadapi revolusi industri 4.0,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Tikomdik) Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Endang Susilastuti mengapresiasi kegiatan tersebut. Dalam tinjauannya, kemampuan wirausaha siswa menjadi terasah, khususnya dalam pengemasan dan pemasaran produk.

“Kemampuan anak-anak sudah bagus. Ke depan, saya harap mereka bisa m

emasarkannya di lingkungan masyarakat. Enggak hanya dil ingkup sekolah, agar mental mereka lebih terasah,” tuturnya.

Salah seorang siswa, Adisti Rachmawati Anggriani antusias mengikuti kegiatan ini. Ia mengatakan, selain menjadi ajang pembelajaran, ia juga sangat menikmati proses tersebut. “Enjoy dan senang. Soalnya setelah sekian lama belajar di kelas, sekarang bisa praktik di luar,” tutur siswa kelas XII itu.

Selain pameran hasil pembelajaran siswa, di hari yang sama juga dilaksanakan

peringatan Isra Mikraj, seminar dan seleksi startup, seminar beauty class, dan pergelaran seni budaya.***

 

Baca Juga :

About The Author