Seminar Hubungan Industrial Bagi Dunia Pendidikan

Seminar Hubungan Industrial Bagi Dunia Pendidikan

Seminar Hubungan Industrial Bagi Dunia Pendidikan

– Untuk itu pengenalan Hubungan Industrial sejak dini kepada calon angkatan kerja sangat penting terutama status hubungan kerja, upah layak, jaminan sosial dan kebebasan berserikat, Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan penyelesaian perselisihan Hubungan Industrial

Dalam menanggapi hal ini Kementerian Ketenagakerjaan ngadakan seminar mengenai Pemasyarakatan Hubungan Industrial Bagi Dunia Pendidikan yang diselenggarakan di Islamic Centre Bekasi,belum lama ini.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja

(PHI dan Jamsos) Haiyani Rumondang mengatakan,  Pemasyarakatan Hubungan Industrial Bagi Dunia Pendidikan seperti ini telah kami laksanakan sejak tahun 2014, sampai saat ini kami sudah melibatkan  jumlah peserta sebanyak 5.400 (Lima Ribu Empat Ratus) dan dilaksanakan di 32 (Tiga Puluh Dua) Wilayah kabupaten/kota/provinsi.

“Kegiatan Pemasyarakatan Hubungan Industrial di harapkan agar pelajar dapat mengetahui dan memahami hal  hal yang berkaitan dengan hubungan industrial, sehingga hubungan industrial di dunia kerja dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ” katanya.

Berdasarkan data BPS Februari 2018, jumlah Angkatan Kerja di Indonesia

sebanyak 133,94 Juta jiwa. Jumlah pengangguran sebanyak 6,87 juta jiwa dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)  didominasi oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebesar 8,92 persen dan Diploma I/II/III Sebesar 7.92 persen.

“Indonesia wajib melakukan lompatan kebijakan dan program keterampilan dan kualitas angkatan kerjanya. Jika gagal, Indonesia akan terjebak ke dalam negara menengah dengan tingkat ketimpangan pasar kerja tetap tinggi. Dimana kesenjangan antara yang berketerampilan tinggi dan rendah kian meluas sehingga gagal dalam mencapai target tujuan Pembangunan yang berkelanjutan, ” lanjutnya.

Haiyani juga mengatakan Pemasyarakatan Hubungan Industrial Bagi Dunia Pendidikan

di Bekasi ini merupakan bentuk kerjasama MOU dengan Mentri Pendidikan.  Tadinya permasyarakatan ini akan dimasukan ke dalam kurikulum tetapi tidak bisa.  Akhirnya permasyarakatan ini hanya dijadikan bimbingan karir.

 

Baca Juga :

About The Author