print “manajemen desktop bagi klien selesai”

print “manajemen desktop bagi klien selesai”

manajemen desktop bagi klien selesai

Distro Linux yang digunakan untuk tulisan ini adalah Debian dan keturunannya. Desktop yang digunakan adalah KDE 3.4.2. Untuk distro dan desktop lain, mungkin ada sedikit perbedaan. Namun pada intinya adalah sama. Penjelasan program:

* KONF. Daftar berkas/direktori konfigurasi dari perangkat lunak yang digunakan. Berkas/direktori konfigurasi ini bisa disebarkan ke komputerkomputer yang lain. Daftar pada KONF_NULL diperuntukkan untuk dihapus dan kemudian diganti dengan daftar berkas/direktori dari backup.

* .acrorc dan .adobe adalah konfigurasi untuk konfigurasi Adobe PDF Reader.
* .bash_profile dan .bashrc adalah berkas konfigurasi bagi Bash Shell
* .dmrc adalah berkas konfigurasi bagi desktop yang dipilih. Dengan memasukkan berkas .dmrc dalam daftar pemeliharaan, secara default pelanggan akan “dipaksa” untuk menggunakan desktop tersebut. Tentu saja, dia bebas untuk mengubah desktop yang diinginkan selama menggunakan komputer tersebut.
* Desktop berisikan shortcut bagi beberapa program yang “mungkin” sering dipakai. Dengan memasukkan sebagai daftar direktori yang dihapus, maka akan memastikan bahwa shorcut di desktop akan sama dengan yang telah ditentukan oleh admin.
* .gaim adalah direktori konfigurasi bagi Gaim Internet Messenger. Ketika pelanggan memasukkan username bagi layanan internet messenger, Gaim akan cenderung menyimpan daftar nama tersebut. Dengan menghapus dan mengganti direktori ini, maka daftar username tersebut akan “tetap bersih”.
* .kbfx, .kde, .kde3, .kderc, .local dan .qt adalah berkas/direktori yang berhubungan dengan KDE. .kdbfx adalah direktori konfigurasi bagi KBFX aplikasi KDE Kicker.
* .mozilla adalah direktori konfigurasi bagi Firefox. Instalasi ekstensi Firefox juga dicatat pada direktori ini.
* .ntrc_2 adalah direktori konfigurasi bagi D4X Download Manager
* .openoffice adalah direktori konfigurasi bagi OpenOffice.org
* .xchat2 adalah berkas konfigurasi bagi XChat IRC Client.
* .Xdefaults adalah berkas konfigurasi untuk mengubah tampilan beberapa aplikasi yang jala di X.

* KONF_NULL adalah daftar berkas-berkas yang sebenarnya tidak ada, namun pengguna dapat membuatnya. Daftar pada KONF_NULL akan dihapus
* hapus. Perintah yang digunakan untuk menghapus berkas/direktori konfigurasi. Merupakan perintah pada Linux.
* salin. Perintah untuk menyalin berkas/direktori konfigurasi dari backup. Adalah perintah penyalinan pada Linux.
* asal. Letak awal berkas/direktori konfigurasi. Diperlukan oleh perintah penghapusan.
* tujuan. Letak tujuan bagi berkas/direktori konfigurasi yang baru. Diperlukan oleh perintah penyalinan.
* hak. Perintah untuk mengembalikan hak kepemilikan semula. Pada contoh diatas, berkas/direktori konfigurasi dimiliki oleh username pejuang yang berada dalam group pejuang.

Misalkan bahwa setiap pelanggan selesai menggunakan komputerkomputer akan di-restart,dan menggunakan sistem auto login bagi akun pengguna pejuang. Maka agar skrip ini dijalankan setiap kali restart komputer, pada Debian dan keturunannya, skrip ini diletakkan pada bagian akhir berkas /etc/init.d/bootmisc.sh. Debian tidak mengenal berkas rc.local ala BSD. Skrip akan dijalankan sebelum X Server dinyalakan. Misalkan, bila skrip diatas bernama manajemen-desktop-klien.py yang terletak pada direktori /root/bin, maka isi /etc/init.d/bootmisc.sh adalah:

Sumber : https://cialis.id/

About The Author