Presiden Berharap Daerah Punya Inovasi Baru dan Berkolaborasi

Presiden Berharap Daerah Punya Inovasi Baru dan Berkolaborasi

Presiden Berharap Daerah Punya Inovasi Baru dan Berkolaborasi

Kominfo

Presiden Joko Widodo berharap adanya inovasi-inovasi baru di semua daerah dan juga memperkuat kerjasama antardaerah. Sehingga selain berpacu dan berkompetisi dalam inovasi, tetapi juga harus ada kolaborasi, saling mengisi, saling belajar, dan saling mengombinasikan kekhasan daerah.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik

Hukum dan Keamanan Wiranto saat mewakili Presiden Joko Widodo dalam acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo (AOE) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (3/7/2019).

“Saya datang ke mari mewakili Bapak Presiden. Pesan beliau memang sangat sederhana bahwa beliau minta mengharapkan adanya inovasi-inovasi baru di semua daerah tetapi juga berkolaborasi. Jadi setiap daerah kecuali berpacu, berkompetensi dalam inovasi tetapi harus ada kolaborasi, bisa saling mengisi, saling belajar, saling mengkombinasikan kekhasan daerah itu, sehingga menjadi satu produk nasional yang luar biasa,” kata Menko Polhukam Wiranto.

Dalam sambutannya

Menkopolhukam mengungkap penegasan Presiden mengenai otonomi daerah untuk mendorong inovasi. “Tidak boleh stagnan, harus terjadi kompetisi inovasi antar-daerah, dan pada saat yang sama harus memperkuat kerjasama antar-daerah,” tuturnya.

Menurut Wiranto, saat ini perubahan harus segera diantisipasi, terutama para pekerja di bidang pemerintahan. “Saat ini dunia berubah sangat cepat. Revolusi industri telah membawa perubahan besar hampir di semua sisi kehidupan, termasuk dalam berpemerintahan. Teknologi robotik, artificial intelligence dan kekuatan komputasi saat ini sangat mempengaruhi kehidupan manusia,” tuturnya.

Artikel terkait ;

About The Author