Penanggulangan Tuberkulosis Melalui TOSS TBC

Penanggulangan Tuberkulosis Melalui TOSS TBC

Penanggulangan Tuberkulosis Melalui TOSS TBC

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berkomitmen menanggulangi

tuberkulosis melalui “Temukan Obat Sampai Sembuh Tuberkulosis (TOSS TBC) Peduli TBC Indonesia Sehat”.  Kegiatan ini digelar bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, di Aula Barat Gedung Sate, Jln. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Senin (8/4/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Iwa Karniwa menyampaikan apresiasi atas digelarnya “Komitmen Penanggulangan Tuberkulosis dan Launching Rencana Aksi Daerah (RAD) Tuberkulosis Jabar, dengan mengangkat tema ‘Aku Sehat, Bebas TBC’ ini.

“Di Jabar sendiri, diperkirakan ada 65.000 kasus per tahun.

Dari jumlah tersebut baru setengah yang dapat ditemukan dan diobati. Maka dari itu, Jabar berupaya menanggulangi dan memberantas TBC di Indonesia, khususnya di Jabar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sekda Jabar mengatakan, terdapat 4 kabupaten/kota yang mempunyai rencana aksi daerah (RAD) penanggulangan tuberkulosis. Di antaranya, Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kota Cirebon, dan Kabupaten Bandung. “Maka dari itu, terdapat terobosan yang dilakukan pemerintah. Yaitu, gerakan Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh (TOSS-TBC),” lanjutnya.

Penyakit TBC masih menjadi bahasan serius dalam dunia kesehatan.

Dimulai dari penanganan intensif dan wajib diikuti setiap pasien. Seperti, pemeriksaan awal (melalui keseharian si pasien), meneliti batuk berdahak yang diderita pasien, dan rontgen dada atau paru-paru sang penderita.

“Komitmen dalam penanggulangan tuberkulosis dan rencana aksi  ini, setiap pasien harus ditangani sampai sembuh agar bisa hilang di Jabar. Melaui bantuan Dinkes Jabar,” tutupnya.***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/

About The Author