Kerjasama dengan Kementerian Pertanian, Unand Kembangkan Taman Sains Teknologi Pertanian

Kerjasama dengan Kementerian Pertanian, Unand Kembangkan Taman Sains Teknologi Pertanian

Kerjasama dengan Kementerian Pertanian, Unand Kembangkan Taman Sains Teknologi Pertanian

Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bersama perguruan tinggi

lainnya ikut mengembangkan taman sains teknologi bidang pertanian yang saat ini sedang dikelola pembangunannya oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI di beberapa daerah.

“Khusus Taman Sains Teknologi Pertanian yang akan dikembangkan Unand dan Kementan lebih terfokus pada pengelolaan tanaman gandum tropis,” kata Wakil Rektor Bidang Kerjasama Unand Prof Helmi di Padang, Selasa (3/11).

Dia menyebutkan, kerjasama kedua instansi ini telah dimulai dengan penandatanganan nota

kesepahaman pada 31 Oktober 2015 di Bogor. Dalam hal ini katanya, fokus Unand menangani permasalahan dan penelitian Gandum Tropis akan berlanjut dengan didirikannya Taman Sains Teknologi Pertanian tersebut.

Pada tempat tersebut kata Helmi, peneliti tidak hanya dituntut untuk melakukan inovasi dari penelitiannya, namun juga hasilnya dapat bermanfaat dan menguntungkan petani.

Selain itu ada kemungkinan berlokasi di daerah tentunya perlu juga tercipta inovasi dengan tidak meninggalkan identitas yang dimiliki. “Diharapkan dari Taman Sains Teknologi Pertanian ini akan dihasilkan berbagai produk pertanian unggulan baik komoditasnya maupun teknisnya,” katanya.

Selain itu tempat tersebut juga menjadi lokasi ideal bagi peneliti, dosen mahasiswa dan kalangan lainnya

untuk mengembangkan riset dengan kondisi dan sarana prasaran yang memadai.

Untuk itu dia juga berharap agar seluruh pihak yang merupakan mitra Unand dapat mendukung rencana pembangunan Taman Sains Teknologi Pertanian yang akan dikembangkan bersama Kementan tersebut.

Sebelumnya Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan bahwa hingga akhir 2015 akan merampungkan 65 Taman Sains dan Teknologi. Dari 65 Taman Sains Teknologi tersebut sekitar 22 lokasi akan dibangun pada bidang pertanian dan langsung dikelola Kementan bersama mitra kerjanya.

Dia berharap Taman Sains Teknologi bisa menjadi cikal bakal pertumbuhan pusat wirausaha baru di bidang teknologi dan pusat layanan teknologi maju untuk masyarakat.***

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/9a5esma78U6Qw

About The Author