Kemendikbud Gandeng Samsung

Kemendikbud Gandeng Samsung

Kemendikbud Gandeng Samsung

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan perusahaan teknologi informasi

(TI), Samsung untuk menyongsong perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Upaya tersebut merupa­kan tindak lanjut dari rencana Kemendikbud menerapkan program digitalisasi sekolah di jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Mene­ngah Atas (SMA), khususnya di wilayah tertinggal, terluar, ter­depan (3T).

“Kami bersama Samsung te­lah mempersiapkan program digitalisasi sekolah. Nantinya akan ada 1.753.00 tablet yang dibagikan ke 36.000 sekolah, terutama daerah pinggiran, dan sekolah yang menunjukkan kinerjanya bagus,” kata Sekre­taris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi.

“Skema digitalisasi ini lagi dibahas. Untuk tahun 2019 akan ada distribusi secepat­nya

. Dananya ada di sekolah melalui BOS. Jadi sekolah yang beli tab sesuai spesifikasi yang kita tentukan melalui katalog. Uangnya bukan dari sini, dari sekolah,” ungkapnya.

Selain soal digitalisasi se­kolah, kata Didik, dalam per­temuan tersebut juga dibahas tentang merevitalisasi sekolah, terutama SMK (Sekolah Mene­ngah Kejuruan). “SMK kita harus diselaras­kan dengan kebutuhan indus­tri. Kurikulumnya adaptable dan anak-anak belajar teknolo­gi terbaru. Jadi ketika lulus me­reka siap dengan teknologi ter­baru,” ujar Didik.

Ia menambahkan, selain membahas soal kurikulum dan pembelajaran untuk SMK,

ada juga pembahasan pro­gram-program pelatihan dan magang bagi para guru dan juga siswa. Ia berharap adanya keterlibatan industri juga bisa mewadahi para lulusan SMK untuk bekerja di industri ter­sebut.

Sementara itu, Wakil Pre­siden Samsung Electronics Indonesia, Kang Hyun Lee, mengatakan pihaknya sudah tiga tahun menjalin kerja sama dengan Kemendikbud. Hingga saat ini, Samsung telah menja­lin kerja sama dengan jurusan teknik komputer jaringan di 66 SMK.

Lee menyebutkan bahwa pihaknya siap untuk terlibat dalam program-program pe­merintah khususnya di bidang pendidikan. “Kami bisa be­kerja sama dengan Kemendik­bud untuk program digitalisasi sekolah. Karena dalam waktu pendek, kami juga ada rencana membagi gadget ke sekolah,” tambahnya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/GNMP52P

About The Author