IPB Siap Hadapi Era Disrupsi

IPB Siap Hadapi Era Disrupsi

IPB Siap Hadapi Era Disrupsi

Untuk mempersiapkan mahasiswanya memasuki era revolusi industri 4.0, Institut Pertanian Bogor

(IPB) menggandeng PT Telkomsel dalam meningkatkan skill mahasiswa.

Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB dan PT Telkomsel menggelar IndonesiaNEXT dan IPB Lead (Leadership and Entrepreneur Development) 2018 di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, beberapa waktu lalu.

Pada kegiatan ini, mahasiswa yang hadir mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya dengan mengikuti sertifikasi standar internasional di bidang digital dan interpersonal skill training.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr.Ir Drajat Martianto mengatakan

, program ini akan meningkatkan kompetensi, soft skill dan literasi generasi muda khususnya mahasiswa IPB.

Tujuannya tentu agar mahasiswa IPB khususnya dan mahasiswa Indonesia lebih siap dalam menghadapi era disrupsi dan revolusi industri 4.0.

“Kita sedang menghadapi fenomena disruption (disrupsi), situasi di mana pergerakan dunia pendidikan

dan persaingan dunia kerja tidak lagi linear. Perubahannya sangat cepat dan fundamental yang menuntut mahasiswa untuk menyiapkan diri dengan kompetensi dan soft skill untuk menghadapi dunia kerja yang kompleks,” ujarnya.

Menurutnya, era disrupsi melahirkan model baru dengan strategi lebih inovatif dan disruptif.

Cakupan perubahannya luas mulai dari dunia bisnis, perbankan, sosial masyarakat, hingga pendidikan.

“Tidak diragukan lagi, era disrupsi akan mendorong terjadinya digitalisasi sistem pendidikan.

Tantangan itu harus dihadapi sesuai pola kerja baru yang tercipta bagi dunia pendidikan, ketrampilan dan kompetensi yang harus tetap secara konsisten ditingkatkan,” tuturnya

Ia menekankan, IPB merespons semua perubahan dengan cepat yaitu melakukan reorientasi kurikulum agar adaptif bagi mahasiswa, meningkatkan dan membangun soft skill mahasiswa untuk mempersiapkan diri memasuki era Revolusi Industri 4.0.

“Revolusi industri 4.0 merupakan hal yang tidak terhindarkan oleh semua perguruan tinggi termasuk IPB. Untuk itu IPB sebagai perguruan tinggi turut berperan untuk mempersiapkan mahasiswanya menjadi sumber daya manusia yang cakap dan terampil,” tandasnya.

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/

About The Author