Apa Iya Hasil Kamera iPhone SE Tak Sebagus iPhone 6?

Apa Iya Hasil Kamera iPhone SE Tak Sebagus iPhone 6?

 

Apa Iya Hasil Kamera iPhone SE Tak Sebagus iPhone 6

Apa Iya Hasil Kamera iPhone SE Tak Sebagus iPhone 6

NGONOO.com – Belum lama rilis, iPhone SE malah banyak menjadi sorotan dengan beberapa fitur yang dibawanya

sedikit agak mengganjal. Apa iya iPhone SE adalah iPhone 5S yang didaur ulang karena peminatnya tidak banyak? Akupun tak tau dengan sangat jelas.

Saat rilis beberapa waktu lalu, Apple menekankan kalau iPhone SE ini adalah hape yang sekelas dengan iPhone 6, hanya kemasannya saja yang lebih kecil. Sebagian pengguna juga ada yang beranggapan kalau yang disampaikan Apple cuma akal-akalan saja untuk bisa kembali menjual produk lama mereka yang telah beredar sejak tahun 2013 lalu, sementara sebagian lain senang mendapati bahwa kini ada sebuah iPhone baru dengan performa sekelas iPhone 6 hanya lebih kecil pada segi tampilan dan harganya yang lebih murah.

Kamera iPhone SE dan iPhone 6

via appleinsidercdn.com

Kalau ditilik pada segi jeroannya, iPhone SE memang lebih unggul dengan chipset A9 dengan CPU dual-core Twister 1,85GHz, RAM 2GB juga ditanamkan padannya, sedangkan iPhone 6 masih menggunakan chipset Apple A8 dan RAM 1 GB. Namun sayang sensor Touch ID yang digunakan iPhone SE masih sama seperti yang dipakai di iPhone 5S, alias tak secepat dan sebagus sensor Touch ID yang ada di iPhone 6.

Lanjut pada urusan kamera, kualitas kamera depan iPhone SE tampaknya juga bakal sedikit lebih rendah ketimbang iPhone 6. Kok bisa gitu min? kan sama-sama 1,2 MP. Karena eh karena, meskipun keduanya menggunakan sensor 1,2 MP yang sama, namun jenis lensa yang dipakai berbeda. Hal ini pernah dikonfirmasi oleh Apple sendiri, dimana mereka menyatakan bahwa iPhone SE menggunakan sensor 1,2 MP dengan lensa bukaan f/2.4, sementara iPhone 6 menggunakan lensa dengan bukaan f/2.2, itu mengapa hasil kamera selfie iPhone 6 jauh lebih baik.

Buat sobat NGONOO yang belum tau, lensa yang lebih baik adalah lensa yang memiliki angka aperture lebih rendah.

Sekalipun selisih bukaan antara f/2.2 dengan f/2.4 terkesan sedikit, tapi kualitas gambar yang dihasilkan oleh lensa dengan bukaan lebih rendah akan terlihat jauh lebih cerah karena mampu menyerap cahaya lebih banyak.

Nah, berhubung kamu sudah tau, maka jangan kaget kalau hasil foto selfie iPhone SE nantinya akan sedikit lebih gelap dan kasar ketimbang hasil foto selfie dengan iPhone 6.

Sumber:

https://multi-part.co.id/behind-the-screen-apk/

About The Author