7 Teknologi Smartphone yang Hadir di 2018

7 Teknologi Smartphone yang Hadir di 2018

7 Teknologi Smartphone yang Hadir di 2018

Inovasi dalam teknologi smartphone seakan tiada hentinya. Di tahun 2018,

banyak inovasi teknologi yang diusung sejumlah vendor smartphone. Mulai dari teknologi fingerprint in display, kamera pop-up, banyaknya sensor kamera, teknologi AI, layar lipat, desain notch waterdrop, dan game mode. Semua teknologi tersebut hadir dalam rilisan smartphone terbaru selama tahun 2018 baik secara global maupun di Indonesia.

Inovasi teknologi tersebut dihadirkan vendor smartphone untuk memikat para pengguna smartphone di seluruh penjuru dunia. Harga yang ditawarkan smartphone dengan inovasi teknologi tersebut cukup beragam.

Berikut inovasi teknologi yang diusung sejumlah vendor smartphone dalam produk mereka selama 2018.
1. Fingerprint in Display

Sensor sidik jari di dalam layar (Fingerprint in Display) menjadi trend baru smartphone di tahun 2018 lalu. Teknologi Fingerprint in Display ini pertama kali diperkenalkan oleh Vivo melalui Vivo V11 Pro yang diluncurkan di Indonesia pada September 2018 lalu. Teknologi ini diberi nama Screen Touch ID pada Vivo V11 Pro.

Ketika jari ditempelkan, teknologi ini memungkinkan smartphone

mengeluarkan cahaya dan sebuah gambar seperti sistem komputer yang diiringi arus listrik. Seakan-akan jari Anda masuk dan menyebar ke dalam ponsel. Lalu seketika ponsel akan terbuka.

Teknologi Fingerprint in Display ini sangat responsive sehingga mampu membuka kunci layar dengan sangat cepat mengandalkan sidik jari penggunanya. Untuk membuka ponsel, Anda cukup menekan dan tahan jari Anda pada logo fingerprint di layar ponsel.

Fitur Screen Touch ID ini juga hadir dalam dua smartphone Vivo lainnya seperti Vivo NEX dan Vivo X21. Seakan tak mau kalah dengan Vivo dalam soal inovasi teknologi, Fingerprint in Display juga diadopsi Samsung dalam smartphone berikutnya yakni Galaxy S10.
2. Kamera Pop Up

Kamera tersembunyi atau pop up camera juga tengah menjadi trend sejumlah smartphone

. Teknologi pop up camera menempatkan kamera smartphone secara tersembunyi di dalam body smartphone sehingga tidak terlihat pandangan mata. Mekanisme pop up camera yang digunakan smartphone bisa dengan sliding atau geser dan mencuat ke atas.

Oppo dan Vivo tengah mengadopsi fitur pop up camera ini pada smartphone anyar mereka. Teknologi pop up camera bernama Elevating Front Camera (EFC) pertama kali diperkenalkan Vivo pada smartphone NEX series yang diluncurkan Juni 2018 lalu. Sayangnya, ponsel Vivo NEX tidak masuk Indonesia.

Teknologi EFC ini memungkinkan kamera depan Vivo NEX mencuat ke atas ketika Anda mengakses menu kamera untuk selfie. Jika Anda keluar dari menu kamera selfie, maka secara otomatis, kamera depan ponsel ini akan tertutup. Kamera yang digunakan Vivo NEX dalam pop up camera ini berjenis periskopik.

Serupa dengan Elevating Camera, kamera pop up juga disematkan pada smartphone Oppo Find X. Teknologi pop up camera bernama 3D Stealth Camera menggunakan mekanisme geser.

 

Baca Juga :

About The Author