1.111 Siswa SMK Siap Bertarung di Lomba Kompetensi Siswa ke-25

1.111 Siswa SMK Siap Bertarung di Lomba Kompetensi Siswa ke-25

1.111 Siswa SMK Siap Bertarung di Lomba Kompetensi Siswa ke-25

Kemendikbud — Sebanyak 1.111 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

berkumpul di Surakarta, Jawa Tengah, sejak Minggu, (14/5). Ribuan siswa yang merupakan perwakilan dari SMK se Indonesia ini akan mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ke-25 pada 15-19 Mei 2017. Bersama 1.078 pendamping, para peserta LKS siap bertarung di 56 bidang kompetensi keahlian.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad membuka perhelatan tahunan bidang kejuruan ini di gedung olah raga (GOR) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (15/05) pagi.

Di hadapan ribuan peserta dan pendamping, Hamid mengajak agar siswa yang mengikuti LKS

menunjukkan kemampuan terbaik pada kompetensi keahliannya, karena pemenang di ajang ini akan menjadi wakil Indonesia di kancah internasional.

“Pemenang LKS akan menjadi wakil Indonesia di ajang World Skill Competition, di Rusia, tahun ini,” katanya.

Usai menyampaikan sambutan, Hamid meluncurkan maskot LKS ke-25 tahun 2017, yaitu Prabu Kresna. Tokoh pewayangan ini dipilih sebagai simbol siswa SMK yang berani menghadapi tantangan, memiliki pribadi yang baik, selalu konsisten dan bermanfaat bagi orang banyak.

Di penghujung acara , dilakukan serah terima piala bergilir dari juara umum tahun 2016,

Jawa Timur, ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad. Provinsi yang berhasil mengumpulkan medali terbanyak pada LKS kali ini, akan memboyong piala bergilir tersebut selama satu tahun.

Turut hadir pada acara pembukaan LKS ke-25 ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 1993-1998 Wardiman Djojonegoro. Menteri yang dikenal sebagai pelopor program link and match ini terus memberikan dukungannya terhadap kemajuan bidang kejuruan. (Aline Rogeleonick)

 

Baca Juga :

 

 

About The Author